Chat with us, powered by LiveChat

Singapura Akan Beli 4 Jet Tempur AS Seharga Rp 5,6 Triliun

Singapura tengah berusaha membeli empat jet tempur F-35 Joint Strike Fighter (JSF) dari Amerika Serikat. Rencana tersebut harus disetujui terlebih dahulu oleh Kongres Negeri Paman Sam, namun saat ini telah mendapatkan sinyal positif dari pemerintah dan Departemen Pertahanan AS.

Empat jet tempur F-35 rencananya dibeli dengan harga berkisar US$ 90 – US$ 115 juta (sekira Rp 1,27 – 1,62 triliun rupiah) untuk setiap unitnya. Keempat pesawat canggih itu dibeli untuk “permulaan”, dengan kemungkinan pembelian selanjutnya sebanyak delapan jet tempur.

Meskipun seolah terdengar mahal, biaya pembelian dan perawatan F-35 JSF diklaim sebanding dengan jet tempur F-15SG yang sebelumnya telah dimiliki oleh Singapura.

Singapura rela menggelontorkan dana dalam jumlah besar untuk membangun “generasi masa depan angkatan bersenjata,” sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, pada Jumat 1 Maret 2019.

Dalam pidatonya selama debat anggaran kementerian, Dr. Ng mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan akan mengeluarkan surat permintaan kepada AS untuk pembelian awal F-35, dengan opsi 8 berikutnya jika Singapura berkenan melanjutkan, sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Jumat (1/3/2019).

Surat permintaan tersebut akan segera diproses oleh Kongres AS, bersama dengan proposal pembelian senjata dari negara lain.