Chat with us, powered by LiveChat

Paket Wisata Bromo Malang Ini Cocok untuk Liburan Keluarga, Piknik Asyik

Kalau Anda ingin berlibur ke bagian timur Jawa, jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Malang. Ya, salah satu destinasi favorit di Malang adalah Bromo. Tempat wisata alam ini banyak menarik banyak turis, baik dari dalam maupun luar negeri.

Bromo sendiri merupakan sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dan masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Menurut cerita, konon gunung Bromo ini terbentuk dari letusan dahsyat gunung Tengger yang membentuk kaldera dengan diameter lebih dari 8 kilometer. Gunung berapi ini tak sebesar dengan gunung berapi lainnya.

Ukurannya hanya sekitar 2.329 mdpl. Sementara itu, kawah gunung ini memiliki garis tengah sekitar 800 meter yang membujur dari utara ke selatan dan 600 meter yang membentang dari timur ke barat.

Walaupun demikian, hal ini tak mengurangi minat wisatawan untuk menikmati paket wisata Bromo Malang ini. Ya, paket wisata Bromo Malang ini merupakan salah satu paket perjalanan yang cukup populer di Indonesia. Agar Anda tak bingung, berikut Liputan6.com,Kamis (21/3/2019) telah merangkum beberapa paket wisata Bromo Malang yang patut Anda kunjungi.

Terutama buat Anda yang baru pertama kali ke Bromo ini, berikut beberapa destinasi wajib yang perlu disambangi. Telang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Akses Mudah Menuju Bromo

Bagi pemula yang baru pertama kali ingin ke Bromo, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Terutama terkait akses untuk menuju ke sana. Bagi Anda yang menggunakan jasa penerbangan, Anda bisa bertolak ke Surabaya atau Malang terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan bus menuju arah Jember atau Banyuwangi untuk berhenti di terminal Probolinggo.

Anda bisa menggunakan paket perjalanan atau mandiri, ya. Lalu, jika Anda ke Jember atau Banyuwangi, bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju arah Surabaya untuk tiba di terminal Probolinggo. Setelah sampai terminal, Anda harus menempuh jarak sekitar 57 kilometer untuk menuju ke kawasan Bromo.

Anda bisa menggunakan angkutan umum menuju Cemoro Lawang. Namun kalau Anda ingin lebih cepat, bisa menggunakan alternative ojek untuk menuju ke sana.

Penanjakan 1 dan Penanjakan 2

Paket Wisata Bromo Malang Penanjakan 1

Penanjakan 1 merupakan lokasi yang tinggi dan tempat terbaik untuk melihat matahari terbit. Lokasinya berada di sebelah barat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Jika Anda ingin ke sana, Anda perlu menggunakan kendaraan Jeep dan sepeda motor. Kalau bisa jangan menggunakan motor matic ya, karena medannya yang cukup sulit. Dari sini Anda bisa menikmati beberapa puncak gunung yang dikelilingi oleh lembah-lembah berkabut.

Paket Wisata Bromo Malang Penanjakan 2

Nah, paket wisata Bromo Malang yang kedua adalah penanjakan 2 untuk melihat matahari terbit. Kalau penanjakan 1 memiliki medan yang cukup sulit untuk dilalui, berbeda dengan penanjakan 2 ini.

Spot ini lebih mudah diakses kalau Anda berangkat dari Probolinggo. Memang, penanjakan 2 ini ketinggiannya lebih rendah dari penanjakan 1, namun pesona matahari terbitnya tak kalah keren. Tanpa menggunakan Jeep, Anda sudah bisa ke sini.

Paket Wisata Bromo Kawah Bromo dan Bukit Kingkong

Paket Wisata Bromo Kawah Bromo

Kalau Anda ingin melihat kawah gunung berapi dari dekat, bisa coba ke spot kawah ini. Untuk menuju ke sini, Anda perlu berjalan sekitar 2 kilometer dari parkiran mobil. Setelah itu, Anda perlu melewati anak tangga yang cukup banyak yang perlu Anda lewati untuk sampai ke kawah Bromo ini. Tenang saja, buat Anda yang tidak kuat, bisa memilih untuk menunggang kuda yang ada di sana.

Paket Wisata Bromo Malang Bukit Kingkong

Selain penanjakan 1 dan 2, untuk melihat matahari terbit Anda bisa memilih bukit Kingkong. Dinamakan bukit Kingkong karena bentuknya yang mirip dengan kepala kingkong. Untuk menuju ke sini, jarak yang perlu ditempuh sekitar 2,5 kilometer dari penanjakan 1. Tenang saja, keindahannya tak kalah keren dari penanjakan 1, kok.

Paket Wisata Bromo Malang Bukit Cinta

Buat yang baru pertama kali ke Bromo, Anda juga harus ke sini. Ya, paket wisata Bromo Malang ini berdampingan dengan bukit Kingkong. Tempat ini juga bisa didatangin untuk melihat matahari terbit, loh. Aksesnya pun tak sulit, Anda bisa menanyakan jalannya pada penduduk setempat atau bisa juga dengan menyewa mobil Jeep.

Paket Wisata Bromo Malang Desa Ngadas dan Pura Luhur Poten

Paket Wisata Bromo Malang Desa Ngadas

Desa Ngadas ini termasuk ke dalam wilayah kecamatan Poncokusumo dan menjadi pemukiman Suku Tengger. Jika ingin mengetahui adat istiadat khas Tengger, Anda bisa banget berkunjung ke sini dengan paket wisata Bromo Malang.

Di sini Anda bisa menyaksikan atraksi kudang lumping, bentengan, hingga kuda kencak.

Paket Wisata Bromo Malang Pura Luhur Poten

Tak heran kalau di sekitar Bromo terdapat pura. Karena memang sebagian penduduk di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memeluk agama Hindu. Lokasi Pura Luhur Poten ini berada di area lautan pasir. Kalau saat hari-hari besar, tempat ini akan ramai dan menjadi pusat segala macam ritual, salah satunya upacara Kasada.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *